Kades Simagaya Paparkan Program APBDes Tahun 2021

DONGGALA – Anggaran Pendapatan Dan Pembelanjaan Desa (Apbdes) Tahun Anggaran 2021 Untuk Desa Simagaya, Kecamatan Balaesang, Kabupaten Donggala, Telah Ditetapkan.
Asbar musri.SP Kepala Desa (Kades) saat diwawancara rekan media Ngata Sulteng mengatakan, APBDes desa Simagaya tahun 2021 yang dibahas dan disetuji bersama pemerintah desa (Pemdes) yang ada. (05/04/21)

Sambungnya, penetapan APBDes Simagaya ada beberapa pertimbangan dimana salah satu yang menjadi program priorirtas untuk pemulihan ekonomi masyarakat yaitu penyaluran bantuan langsung tunai (BLT), pada tahun 2021 ini berjumlah penerima manfaat BLT yang akan disalurkan sebanyak 50 Kepala Keluarga (KK) senilai 300 ribu rupiah selama 12 bulan.
“kami telah melakukan penertapan APBDes insyaAllah tinggal menunggu Perbup dan pelaksanaan pengajuan pencairan keuangan untuk realisasi kepada masyarakat desa Simagaya”. Ucap kades

Lanjut kades, program lainnya yaitu pembangunan infrastruktur terkait dengan sanitasi atau kesehatan yakni pembangunan WC di setiap rumah yang di targetkan di tahun inmi sebanyak 20 unit.
“pembangunan WC 20 unit dari anggaran dana desa yang diperuntukkan untuk masyarakat tidak mampu agar supaya yang di bangunkan mereka bisa menggunakan pembuangan limbah yang baik dan terarah,” jelasnya.

Selain itu, pemerintah desa (Pemdes) wajib melakukan refocusing kegiatan dan anggaran dana desa(DD) minimal 8 persen untuk mendukung pelaksanaan PPKM secara Mikro didesa yang digunakan untuk membiayai kegiatan pencegahan, penanganan, pembinaan dan pendukung pelaksanaan penaganan covid di tingkat desa dengan membentuk posko desa.
“minimal 8 persen dari DD ini harus diperuntukan untuk penangana covid-19. Penanganan covid ditingkat desa merupakan prioritas,” Pungkasnya.

Program-program unggulan prioritas lainnya meningkatkan perekonomian masyarakat sesaui penetapan APBDes desa Simagaya yang akan dilaksanakan di tahun anggaran 2021 ini yakni, pemberdayaan perempuan, pengadaan mesin blower untuk petani sebanyak 8 unit yang akan diberikan perkelompok, mesin ketinting sebanyak 5 unit yang juga diberikan perkelompok untuk nelayan dan program SDGs (Sustainable Development Goals) terkait masalah profil pendataan desa.

“semoga saja apa yang telah direncanakan desa bisa berjalan dengan baik dan terealisasi sebagaiman mestinya, untuk masyarakat desa Simagaya agar kiranya apa yang di programkan melalui dana desa masyarakat bisa menjaga dan mempergunakan dengan sebaik-baiknya”. Harapnya (Prasetyo)

https://youtu.be/aarnPKlrAgg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!