Membangun Ketangguhan Kesehatan Mental Masyarakat Pasca Bencana di Kabupaten Sigi

SIGI -Bertempat di Aula Kantor Bupati Sigi, Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Muh. Basir,SE.,MP. mengikuti Kegiatan Exit Program Membangun Ketangguhan Kesehatan Mental Masyarakat Pasca Bencana di Kabupaten Sigi Fase 2 ” Bersama Sejenakhening.Com. Kegiatan ini juga dilakukan melalui Video Conference.

Kegiatan ini dilaksanakan sehubungan dengan berakhirnya program dari Lembaga Sejenakhening.com didukung oleh Caritas Germany di Kabupaten Sigi dalam rangka mencegah kerentanan terhadap kondisi kesehatan mental masyarakat sebagai akibat dari perubahan besar pada aspek ekonomi, sosial, kesehatan fisik, keluarga dan sebagainya pasca bencana Tahun 2018 silam.

Direktur Sejenakhening.com Yosua AdityaDwi Ariefka Putra mengatakan bahwa pada 28 September 2018 lalu secara alam menimbulkan luka dan sepanjang perjalanannya kesehatan mental juga belum menjadi bagian utama yang dibicarakan yang perlu disembuhkan sebagai bagian dari luka itu. Bahkan ketika terjadi pengabaian terhadap luka itu, covid datang dan menimbulkan luka baru. Berdasarkan keresahan itulah Sejenakhening bersama Caritas Germany kemudian didukung oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi berupaya untuk membangun sistim kesehatan mental yang terintegrasi dalam proses pemulihan, rehabilitasi, rekonstruksi, sampai pada pengurangan resiko bencana.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi mengucapkan terima kasih kepada Caritas Germany yang sudah membantu masyarakat Kabupaten Sigi dan juga Pemkab Sigi yang dilanjutkan dengan kerja sama bersama Sejenakhening.com. Pada kesempatan itu juga Beliau menyampaikan testimoni langsung yang Ia rasakan manfaatnya setelah mengikuti konseling dengan Psikolog Klinik yang ada di Puskesmas Biromaru.

Kehadiran dari Caritas Germany dan Psikolog dari Sejenakhening.com sangat dirasakan dan sangat bermanfaat membantu masyarakat Kabupaten Sigi. Selain pelayanan mental langsung juga pengembangan Kader – Kader sampai dengan pengembangan kapasitas Pemerintah Daerah. Beliau berharap jalinan kerja sama antara Pemerintah Daerah dengan Caritas Germany serta Sejenakheningcom bisa dilanjutkan terus. Muh. Basir juga mengatakan bahwa pengadaan Psikolog Klinik ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Beliau juga berharap bisa terus melakukan kerja sama, kolaborasi, sinergi dalam menangani kesehatan mental masyarakat. Pada kesempatan itu juga Direktur Sejenakhening.com menyerahkan Draft Perbup dan Booklet ke Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi.

Kegiatan ini juga diikuti oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sigi Anwar, S.sos., MM. Head Of Office Caritas Germany Indonesia Cipto Priyo Laksono (melalui daring). Kepala Seksi Penyakit Tidak Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Sigi Lusia T. Andilolo, SKM. Para Perwakilan OPD terkait, Puskesmas Biromaru, Puskesmas Dolo, dan Kepala Desa Karawana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!