Musrenbang RKPD Kabupaten Sigi 2023


SIGI – Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pegembangan Daerah Kabupaten Sigi melaksanakan MUSRENBANG RKPD Kabupaten Sigi 2023 dengan Tema ” Peningkatanย  Pertumbuhan Ekonomi Yang Berkualitas Melalui Peningkatan Infrastrukur dan SDM “. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Sigi Mohamad Irwan, S.sos., M. Si. di Cafe D’Kalbu, Desa Kalukubula, Kecamatan Sigi Biromaru.

 

Dalam sambutannya Bupati mengatakan bahwa MUSRENBANG RKPD Kabupaten merupakan salah satu tahapan dalam dalam proses perencanaan pembangunan sebagaimana yang diamanatkan dalam Permendagri 86 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah.

 

Bupati berharap hendaknya didalam menyusun usulan program / kegiatan pembangunan senantiasa mengacu pada Visi Pemerintah Kabupaten Sigi yang termuat dalam RPJMD Kabupaten Sigi Tahun 2021 – 2026 yaitu ” Kabupaten Sigi Yang Berdaya Saing Berbasis Agribisnis “. Adapun Indikator Kinerja Visi yang akan dicapai selama lima tahun kedepan yaitu ( 1 ) Peningkatan IPM yang merupakan akumulasi dari peningkatan rata-rata lama sekolah, harapan lama sekolah, usia harapan hidup dan daya beli serta ( 2 ) penurunan kemiskinan.

 

Adapun Sembilanย  Prioritas Pembangunan Daerah Kabupaten Sigi yang akan menjadi acuan dalam pelaksanaan pembangunan khususnya dalam menyusun program dan kegiatan Tahun 2023 adalah (1) Percepatan pengurangan kemiskinan, (2) Peningkatan kualitas pendidikan, (3) Peningkatan derajat kesehatan masyarakat, (4) Peningkatan ketersediaan Infrastruktur dan energi, (5) Revitalisasi pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan, (6) Meningkatkan iklim investasi dan iklim usaha, (7) Reformasi birokrasi dan tata kelola sampai pada pemerintahan desa, (8) Peningkatan harmonisasi sosial berdasarkan budaya dan kearifan lokal, (9) Pengelolaan sumber daya alam berbasis mitigasi bencana.

 

Diakhir sambutannya, Beliau berharap MUSRENBANG RKPD ini dapat menghasilkan pemikiran yang konstruktif dan aspiratif dengan berorientasi pada kebutuhan dan pelayanan masyarakat, dan selanjutnya bagi Perangkat Daerah agar hasil yang telah disepakati pada Forum OPD, menjadi acuan usulan program / kegiatan yang akan ditetapkan pada MUSRENBANG Tingkat Kabupaten.

 

Hadir pula pada MUSRENBANG RKPD tersebut yaitu Ketua DPRD Kabupaten Sigi,Wakil Bupati Sigi, Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi, Unsur FORKOPIMDA Kabupaten Sigi, Para Staf Ahli, para Asisten, para Kepala OPD, Kepala BAPPEDA Prov. Sulteng, pimpinan BNI dan Bank Sulteng dan para Camat se Kabupaten Sigi, Akademisi dan tokoh masyarakat serta perwakilan Desa ( Melalui Vidcon).

prokopim kab.sigi

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!