Pengukuhan Dan Rapat Koordinasi TPPS Kabupaten Sigi Tahun 2022

PALU – Bupati Sigi Mohamad Irwan, S.Sos., M.Si, bersama Wakil Bupati Sigi Dr. Samuel yansen pongi, SE .,M.Si. serta Sekertaris Daerah Kabupaten Sigi Muh. Basir,SE.,MP. Menghadiri Pengukuhan dan Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Sigi Tahun 2022.

Sebelum mengawali sambutannya Bupati mengukuhkan Tim Percepatan Penurunan Stanting (TPPS) Kabupaten Sigi Tahun 2022. Semoga dengan adanya TPPS ini akan memberikan kontribusi yang besar dalam upaya percepatan penurunan stanting di Kabupaten Sigi.

Dalam sambutanya beliau mengatakan program percepatan penurunan stanting di Kabupaten Sigi telah dimulai sejak tahun 2020, dengan ditetapkannya Kabupaten Sigi sebagai salah satu dari 100 kabupaten/kota di Indonesia sebagai kabupaten lotus. Dimana angka stunting di Kabupaten Sigi berdasarkan data elektronik-pencatatan dan pelaporan gizi balita berbasis masyarakat (E-PPGBM) pada tahun 2021 untuk anak usia 0-23 bulan yang berstatus pendek dan sangat pendek sebesar 14,40%. Namun berdasarkan rilis data survey status gizi balita indonesia (SSGBI) tahun 2021angka stunting kita masih di angka 40%. Pada kesempatan ini Bupati memberikan penekanan bahwa apabila menggunakan data hasil E-PPGBM, maka hendaknya kita tidak cepat bsrpuas diri dengan hasil yang ada, melainkan harus terus bekerja dan berbuat yang lebih baik lagi. Sedangkan jika memggunakan data SSGBI, maka akan memacu semangat dan motivasi lebih keras lagi bekerja dan berbuat sehinggah dapat menurunkan angka stunting hingga mendekati target Nasional yaitu 14% pada tahun 2024.

Selain itu pelaksanaan konvergensi percepatan penurunan stanting dilaksanakan dengan 8 aksi percepatan penurunan stanting yaitu :

1. Analisis situasi

2. Penyusunan program kegiatan

3. Rembuk stanting

4. Penyusunan peraturan Bupati terkait stanting

5. Pembinaan kader pembangunan manusia

6. Manajemen data

7. Publikasi data

8. Review kinerja

Dimana dari ke 8 aksi tersebut telah dapat dilaksanakan dengan baik pada tahun 2020 maupun 2021, sehingga pada tahun-tahun tersebut Kabupaten Sigi telah mendapatkan capaian yang terbaik di tingkat provinsi, serta memperoleh prestasi sebagai Kabupaten terbaik II (kedua) Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah pada kegiatan rembuk stanting tahun 2021.

Turut hadir Kapolres Sigi, Dandim 1306/kota palu, Mewakili Ketua Pengadilan Negeri Donggala, Mewakili Kejaksaan Negeri Donggala, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tengah, Mewakili Rektor Univ. Tadulako, Ketua TP-PKK Kabupaten Sigi, Kepala OPD Kabupaten Sigi, Ketua IDI Kabupaten Sigi, Ketua IBI Kabupaten Sigi, Rektor Univ. Alkhairat, Mewakili Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Tengah serta NGO.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!