Pemkab Sigi Tingkatkan Layanan Kesehatan Gratis Bagi Masyarakat

SIGI –, Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, meningkatkan layanan kesehatan gratis di tingkat puskesmas dan rumah sakit bagi masyarakat di daerah itu, sebagai komitmen pemda dalam melayani masyarakat.

“Pemerintah adalah pelayan masyarakat, kami terus berupaya agar masyarakat dapat mengakses layanan kesehatan,” ucap Bupati Sigi Mohamad Irwan, di Sigi, Senin.

Layanan kesehatan gratis dilakukan oleh Pemkab Sigi melalui program kartu masagena yang merupakan program inovasi Bupati Sigi Mohamad Irwan dan Wakil Bupati Samuel Pongi.

Mohamad Irwan menguraikan, tahun 2021 penerima program kartu masagena berjumlah 6.977 kepala keluarga, dan tri wulan pertama tahun 2022 sebanyak 244 kepala keluarga tercatat sebagai penerima.

“Program ini menjangkau masyarakat yang tidak terakomodir dalam BPJS Kesehatan. Lewat kartu masagena mereka dapat memperoleh layanan kesehatan gratis di puskesmas dan rumah sakit daerah, termasuk rumah sakit rujukan yang bekerja sama dengan Pemkab Sigi,” ungkapnya.

Selain lewat program kartu masagena, Mohamad Irwan menyebut, Pemkab Sigi telah mengucurkan anggaran senilai Rp14 miliar lebih sejak 2016 – 2020 untuk layanan kesehatan bagi masyarakat miskin, dengan total penerima manfaat sebanyak 29.480 jiwa.

“Tahun 2021 sampai 2022 kami tambah anggaran layanan kesehatan gratis untuk mereka sebanyak Rp4 miliar,” ungkapnya.

Pemkab Sigi, kata dia, juga menyediakan ambulance gratis untuk menopang peningkatan layanan kesehatan kepada masyarakat. Berdasarkan Data Pemkab Sigi terdapat 20 unit ambulance yang telah diberikan kepada masyarakat sejak tahun 2016 – 2020 dengan total anggaran senilai Rp7,5 miliar.

“Tahun 2021 – 2022 ini kami tambah empat unit ambulance yang ditempatkan di Desa Banasu, Towulu, Nokilalaki dan Kaleke,” ujarnya.

Pemkab Sigi, ia menambahkan, juga menyediakan mobil jenazah sebanyak 13 unit yang telah diberikan kepada masyarakat sejak tahun 2016 – 2020 dengan total anggaran Rp3,1 miliar.

“Untuk tahun 2021 – 2022 ini kami satu unit mobil jenazah untuk masyarakat di Kecamatan Marawola Barat,” sambungnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!