Menteri Pertanian Berkunjung ke Sigi, Ini Tujuannya

SIGI – Menteri Pertanian Prof Dr H Syahrul Yasin Limpo, berkunjung ke Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Minggu 19 Februari 2023.

Dalam kunjungan tersebut, Sahrul Yasin Limpo melakukan panen Padi di Desa Sidera, Kecamatan Sigi Kota, yang didampingi Bupati Sigi Moh Irwan bersama Wabup Sigi Dr Samuel Pongi. Menteri pertanian juga melakukan praktek pembuatan Elisitor Biosaka.

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan ini mengatakan, tujuannya ke daerah ini untuk validasi terkait pertanian.

“Hari ini saya berada di Kabupaten Sigi bersama pak Wagub untuk melihat seperti apa Sulawesi Tengah ini berkontribusi terhadap ketahanan pangan kita khususnya beras. Dan ternyata hari ini saya dapatkan kenyataan, memang didata sudah ada dan saya coba validasi hari ini bersama Bupati dan Wagub,” ujarnya.

Usai panen raya padi, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memberikan sejumlah bantuan Alsintan dan bibit kepada Pemerintah Kabupaten Sigi.

Sementara Bupati Moh Irwan memaparkan program Pemda Sigi di depan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Disampaikan, untuk mendukung percepatan capaian visi dan misi Pemkab Sigi dalam pengembangan sektor pertanian, dilakukan beberapa program antara lain, pengembangan Komoditas unggulan sub sektor tanaman pangan seperti padi, jagung, kedelai, dan kacang tanah.

Kemudian sub sektor hortikultura yaitu durian musang king, alpukat, klengkeng, manggis, dan sayuran organik.

Juga Lanjut Bupati, pad sub sektor perkebunan yaitu kakao, kopi, kelapa, cengkeh, kemiri dan vanili.

Selanjutnya, pembiayaan petani miskin melalui fasilitas Kur 0%, pengembangan koperasi berbasis pertanian, bantuan/bibit, pupuk dan alat mesin pertanian dan pengembangan lahan cadangan pangan masyarakat seluas 3 ha per desa.

“Pemkab Sigi sangat berkomitmen untuk bersama berikhtiar mewujudkan Kabupaten Sigi yang maju, lebih baik, lebih sejahtera. Kabupaten Sigi yang berdaya saing berbasis agribisnis,” terang Bupati. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!