๐—–๐—ฎ๐—ป๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐——๐—ฒ๐˜€๐—ฎ ๐—ฃ๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป ๐—ข๐—ฟ๐—ด๐—ฎ๐—ป๐—ถ๐—ธ, ๐—Ÿ๐—ฎ๐—ต๐—ฎ๐—ป ๐—”๐—น๐—ธ๐—ต๐—ฎ๐—ถ๐—ฟ๐—ฎ๐—ฎ๐˜ ๐—ฑ๐—ถ ๐——๐—ฒ๐˜€๐—ฎ ๐—ช๐—ฎ๐—น๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐—ป๐—ฎ ๐—•๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—น ๐——๐—ถ๐—ท๐—ฎ๐—ฑ๐—ถ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—Ÿ๐—ผ๐—ธ๐—ฎ๐˜€๐—ถ ๐—ฅ๐—ถ๐˜€๐—ฒ๐˜

SIGI, – Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Sigi menetapkan Desa Walatana Kecamatan Dolo Selatan, sebagai desa pangan organik yang akan menjadi imbas bagi desa desa sekitarnya, untuk secara bersama mengembangkan pertanian organik.
Terkait hal itu, Ketua Utama Alkhairaat, Habib Alwi bin Saggaf Aljufri menyambut baik keinginan Pemda Sigi, menjadikan Desa Walatana sebagai desa pangan organik dan Pengurus Besar Alkhairaat berkeinginan, lahan milik Alkhairaat yang ada di desa tersebut dapat dijadikan lokasi riset dan pengembangan pelatihan pangan organik.

“Kita (Alkhairaat) punya lahan di Desa Walatana ini yang luasnya puluhan hektar, dan lahan tersebut siap dijadikan lokasi riset dan pelatihan pangan organik, bila Pemda Sigi benar-benar menjadikan Desa Walatan ini sebagai desa pangan organik,“ kata Habib Alwi dalam acara panen raya di Desa Walatana yang di gagas oleh PB Alkhairaat bersama PT. Vale Indonesia Tbk di Sigi, Selasa pagi, (5/3/2024).
Kesepahaman ini akan dibuat bila hal itu terwujud antara PB Alkhairaat melalui Badan Usaha Milik Alkhairaat (BUMA) dan Pemda Sigi, yang tentunya ini semua untuk kemaslahatan umat untuk di dorong agar ekonominya lebih baik.

“Apa yang menjadi keinginan Pemda Sigi ini, tidak terlepas atas usaha yang dilakukan kelompok tani Karang Taruna (KT) Desa Walatana sendiri, yang sudah menampilkan produk padi organik yang cukup menggembirakan,“ ujar Habib Alwi.

Sebelumnya, Wakil Bupati Sigi, Samuel Yansen Pongi Samuel Pongi Media Center mengapresiasi hasil usaha yang dilakukan oleh petani milenial dari KT Desa Walatana, yang sudah mengola pertanian organik dan hasilnya cukup menggembirakan.

Olehnya, kata Samuel, hal ini tidak boleh berhenti dan apalagi PT. Vale Indonesia Tbk mengatakan misi mereka telah selesai.
“Yang biasanya bila suatu program yang di berikan ke masyarakat, bila program itu selesai maka tidak ada kelanjutan yang dilakukan lagi dan kita inginkan Desa Walatana tidak begitu dan terus beralnjut,“ kata Samuel.

Olehnya, Wabup dengan semangat masyarakat untuk mengembangkan pangan dan pertanian organik, apalagi di dukung oleh Alkhairaat bersama PT. Vale Indonesia Tbk, maka Desa Walatan dapat dijadikan sebagai Desa Pangan Organik, yang akan menjadi contoh bagi desa-desa sekitarnya dan juga desa-desa yang ada di Kabupaten Sigi.

๐—ฆ๐—จ๐— ๐—•๐—˜๐—ฅ : ๐—ฃ๐—œ๐—ž๐—ฃ & ๐—ฃ๐—˜๐—ฅ๐—ฆ๐—”๐—ก๐——๐—œ๐—”๐—ก

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!