Indeks

Bupati dan Wabup Sigi Hadir Dalam Kunjungan Kerja Presiden RI Joko Widodo Dalam Rangka Peresmian Bendungan dan Daerah Irigasi Gumbasa

SIGI โ€“ Bupati Sigi Mohamad Irwan di dampingi Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi Hadir dalam Kunjungan Kerja Presiden RI Joko Widodo dalam rangka Meresmikan Bendungan dan Daerah Irigasi (DI) Gumbasa Bertempat Di Kecamatan Gumbasa Kabupaten Sigi. Rabu,(27/03/2024).


Presiden RI dalam sambutannya menyampaikan dalam rangka mewujudkan ketahanan dan kedaulatan pangan, pemerintah telah melaksanakan pembangunan dan rehabilitasi infrastruktur irigasi di seluruh tanah air, termasuk daerah irigasi Gumbasa, Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah.

Presiden juga menambahkan rehabilitasi daerah Irigasi Gumbasa telah dimulai sejak 2016, melewati perjalanan panjang kemudian terjadi bencana 2018 dan akhirnya tahun 2024 selesai. โ€œmelakukan rehabilitasi dan rekonstruksi jaringan irigasi untuk memastikan ketersediaan air bagi petani untuk meningkatkan produktivitas pertanian,Hal tersebut akan mengoptimalkan daerah layanan seluas 8.180 Ha lokasi persawahan dan meningkatkan indeks pertanian dari semula 149 persen menjadi 300 persenโ€. tuturnya.

Selanjutnya beliau berharap daerah irigasi Gumbasa dapat meningkatkan produktivitas pertanian, mendukung keamanan dan ketahanan kedaulatan pangan serta meningkatkan kesejahteraan petani.

Peresmian daerah irigasi Gumbasa tersebut ditandai dengan penekanan tombol sirene dan penandatanganan Prasasti oleh Presiden RI Joko Widodo.


Dalam Kunjungan Hari kedua di Sulawesi Tengah tersebut Presiden RI didampingi Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Turut hadir Dalam kegiatan tersebut Unsur Forkompinda Kabupaten Sigi, Kepala Kantor Pertahanan Kabupaten Sigi, Asisten II bidang ekonomi dan pembangunan, Kasat Pol-PP, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Kadis Perkejaan Umum Kabupaten Sigi serta Camat Gumbasa dan Kepala Pandere dan Desa Pakuli.


Sumber: Prokopim, Diskominfo Kab. Sigi

error: Content is protected !!
Exit mobile version